Selasa, 04 September 2012

Folklor Jawa Macam, Bentuk dan Nilainya


Folklor Jawa Macam, Bentuk dan Nilainya


DESKRIPSI BUKU

Buku ini bermaksud memberikan gambaran, khususnya kepada pemerhati folklor (Jawa) di berbagai tingkat pendidikan.
Folklor merupakan sebuah jendela dunia. Kita dapat mengintip dari bilik-bilik kecil: folklor! Di dalamnya kaya kacabenggala. Kaca rasa pun ada di dalamnya, tak perlu khawatir. Menikmati folklor Jawa sama halnya kita sedang keliling dunia. Biarpun bernama folklor Jawa, sesungguhnya tetap berwajah dunia. Coba saja kalau kurang yakin.
Folklor Jawa justru akan menerangi dunia. Orang yang gelap mata pada dunia dapat membaca folklor Jawa. Sebenarnya angin segar yang ditawarkan dalam folklor Jawa, meskipun ada yang masih sering menyanggah: kan itu budaya kuno. Ada pula yang menyatakan folklor merupakan refleksi jiwa tak bertanggung jawab, sebab selalu menyembunyikan penciptanya. Silakan.
Bagi penulis, dengan penyembunyian pencipta itu nilai-nilai folklor justru lebih humanis. Nuansa politik dan kekuasaan yang sering memberangus pencipta akan teratasi. Pencipta justru sering lebih kreatif dan penuh dengan inovatif, mengutak-atik folklor, hingga mewujudkan karya yang estetis.
Bagi sebagian orang, folklor itu menjadi darah daging. Selain mudah diingat, sebagai butir-butir pengisi waktu luang, iseng-iseng, sering bertemakan folklor. Jadi, dari yang ringan-ringan hingga folklor yang membutuhkan penafsiran jelas membutuhkan perhatian. Folklor bukan sebuah barang yang “turun dari langit”, melainkan hanya sebuah kaca bening saja. Lewat folklor orang dapat mengaca dunia. Folklor pula yang menawarkan keindahan pandangan dunia dari aneka sisi.

ISBN : 978-979-18532-6-2

PENULIS : Suwardi Endraswara

PENERBIT : PENAKU

Tahun Terbit : 2010

Jumlah Halaman : 235 Halaman

Bahasa : Indonesia

Cover : Soft Cover

Dimensi : 16 x 24 cm

Bonus :

BERAT : 0.04 Kg

HARGA
:
Rp. 55,000
Disc. 30 %
Rp. 38,500

Tidak ada komentar:

Posting Komentar