Rabu, 05 September 2012

Islam dan Seni Rupa Daun-Daun Surga


Islam dan Seni Rupa Daun-Daun Surga

DESKRIPSI BUKU

banyak orang beranggapan, Islam tak mendukung seni rupa. Mereka mengacu kepada hadith atau hadis, salah satu rujukan mengenai sunnah atau perilaku Nabi Muhammad, yang menyebutkan larangan melukis binatang, membuat patung, memotret, dan lain-lain. Walhasil, kita nyaris tak melihat adanya kesenian yang disebut seni rupa islam, selain kaligrafi Arab dan arsitektur masjid.
Tapi, apakah yang dimaksud dengan kesenian Islam? Apakah Islam itu mengajarkan kesenian, sebagaimana kita dapati dalam Hinduisme atau Buddhisme?
Seni rupa dan Islam adalah dua kategori yang berbeda. Seni rupa, sejauh cakupan makna yang membatasainya, tentu tak akan melampaui wilayah yang lebih besar daripada budaya, karena seni adalah bagian dari kebudayaan manusia. Seni rupa adalah kreasi manusia, yang artinya berasal dari kebebasan manusia untuk berkarya. Islam, berbeda dengan seni, bukanlah kebudayaan yang merupakan hasil kreasi manusia. Islam adalah seperangkat aturan dari Allah yang diturunkan kepada manusia agar mencapai keselamatan di dunia dan akhirat.

ISBN : 978-979-3258-75-1

PENULIS : Agung Puspito

PENERBIT : WEDATAMA WIDYA SASTRA

Tahun Terbit : 2007

Jumlah Halaman : 116 Halaman

Bahasa : Indonesia

Cover : Soft Cover

Dimensi : 14 x 21 cm

Bonus :

BERAT : 0.20 Kg

HARGA
:
Rp. 22,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar