Senin, 03 September 2012

Pertimbangan Ekologis Penempatan Situs Masa Hindu-


Pertimbangan Ekologis Penempatan Situs Masa Hindu-

DESKRIPSI BUKU

Buku ini menampilkan sebuah contoh dari hasil penelitian arkeologi Indonesia dengan pendekatan keruangan dan pendekatan ekologis atas sejumlah besar situs dalam wilayah yang amat luas. Sifat penelitiannya yang makro ditunjukkan oleh pengkajian atas 218 situs candi masa Hindu-Buda abad ke-8-10 (“masa klasik”) dan dalam wilayah yang luasnya lebih dari 1.000 km2 di daerah Yogyakarta.
Kajian ini merupakan bagian dari upaya untuk menemukan faktor-faktor alam dan budaya yang mempengaruhi cara manusia memanfaatkan ruang pada masa itu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pola persebaran situs-candi di wilayah ini sejalan dengan aturan pemilihan situs untuk tempat berdirinya bangunan suci sebagaimana tercantum dalam naskah-naskah kuna India Manasara-Silpasastra, kecuali beberapa situs yang menyimpang dari asas itu.
Penelitian pelopor yang dilakukan pada awal tahun 1990-an ini telah mendorong para arkeolog Indonesia untuk mencoba menerapkannya di berbagai daerah di Indonesia, baik dari masa prasejarah maupun masa “klasik” Indonesia. Pendekatan alternatif untuk “menggali” masa lalu seperti ini dapat membuka aspek-aspek kebudayaan masa lalu yang tersembunyi, seperti kearifan lingkungan dan pola pemukiman, yang nilai-nilai budayanya dapat dipelihara dan diteruskan untuk generasi sekarang dan akan datang.

ISBN : 979-3258-00-4

PENULIS : Mundardjito

PENERBIT : WEDATAMA WIDYA SASTRA

Tahun Terbit : 2002

Jumlah Halaman : 397 Halaman

Bahasa : Indonesia

Cover : Soft Cover

Dimensi : 14 x 20 cm

Bonus :

BERAT : 0.50 Kg

HARGA
:
Rp. 40,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar