Senin, 03 September 2012

Pengantar Filologi Jawa


Pengantar Filologi Jawa


DESKRIPSI BUKU

Buku ajar filologi (Jawa) untuk perguruan tinggi. Buku ini terdiri atas tiga bab, yakni “Pendahuluan”, “Produksi dan Reproduksi”, serta “Penggarapan Naskah”.
Bab I “Pendahuluan” mencakup pengertian dasar yang bersangkut paut dengan “dunia” naskah dan filologi, meliputi pengertian naskah dan teks, berbagai alas tulis untuk naskah-naskah Jawa, aksara dan bahasa pada naskah Jawa, teks dan isinya, cara menentukan umur naskah dan teks serta manfaat mengetahui umur naskah dan teks dalam kaitannya dengan kerja filologi, persebaran naskah Jawa, dan pembicaraan mengenai katalog dalam kaitannya dengan peneltian naskah.
Bab II “Produksi dan Reproduksi” membicarakan penciptaan dan penyalinan, apa yang mendorong kegiatan penciptaan dan penyalinan serta akibat yang terjadi karena penyalinan naskah. Di samping itu bab ini juga membicarakan scriptorium serta teks dan pengarangnya. Skriptorium adalah tempat penciptaan teks dan penyalinan naskah. Skriptorium berkaitan erat dengan isi naskah (teks) dan hal-hal fisik naskah.
Bab III“Penggarapan Naskah” meliputi langkah kerja dan metode kerja filologi. Langkah kerja adalah urut-urutan penelitian filologis, meliputi inventarisasi naskah, deskripsi naskah, perbandingan teks dan naskah, dan penentuan teks yang disunting. Adapun metode kerja filologi meliputi metode yang digunakan dalam penelitian filologi (intuisi, landasan, gabungan, dan stema), yang ditentukan oleh tujuan penelitian dan situasi kondisi teks dan/atau naskah.

ISBN : 978-979-3258-79-9

PENULIS : Karsono H Saputra

PENERBIT : WEDATAMA WIDYA SASTRA

Tahun Terbit : 2008

Jumlah Halaman : 122 Halaman

Bahasa : Indonesia

Cover : Soft Cover

Dimensi : 14 x 20 cm

Bonus :

BERAT : 0.18 Kg

HARGA
:
Rp. 25,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar