Senin, 03 September 2012

Catuspatha Arkeologi Majapahit


Catuspatha Arkeologi Majapahit


DESKRIPSI BUKU

Buku yang memuat kajian artefak arkeologis, meliputi candi, arca, relief, prasasti, dan bangunan hunian, sejak abad ke-8 hingga abad ke-15, sejak zaman klasik tua hingga zaman klasik muda, sejak mataram kuna hingga bermuara ke zaman majapahit. Analisis meliputi fungsi, arsitektur, ragam hias, kisahan (cerita), ciri-ciri, keistimewaan/atau kekhasan, dan berbagai hal yang berkenaan dengan objek penelitian. Analisis tidak saja berdasarkan bukti-bukti arkeologis dan keterkaitan lingkungan alam, namun juga mengaitkannya dengan teks sastra baik yang sezaman maupun yang senapas dengan objek penelitian.
Salah satu pembicaraan menonjol dalam buku ini adalah menyandikan dengan candi-candi Hindu dengan candi-candi Budha untuk membuat telaah mengenai perbedaan dan persamaan, baik mengenai arsitektur, arca, ragam hias, maupun fungsinya dalam masyarakat pada masanya.

Buku ini bukan hanya penting bagi para arkeolog-baik peneliti, pengajar, maupun mahasiswa-namun juga penting bagi para pemerhati kebudayaan masa lalu untuk memahami kekayaan dan kearifan lokal.

ISBN : 978-979-3258-93-5

PENULIS : Agus Aris Munandar

PENERBIT : WEDATAMA WIDYA SASTRA

Tahun Terbit : 2011

Jumlah Halaman : 324 Halaman

Bahasa : Indonesia

Cover : Soft Cover

Dimensi : cm

Bonus : Pembatas Buku

BERAT : 0.40 Kg

HARGA
:
Rp. 65,000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar